Latar Belakang KOMUNIKASI LINTAS BUDAYA DALAM RESOLUSI KONFLIK PADA PERNIKAHAN ANTAR BUDAYA : ANALISIS DENGAN PENDEKATAN KUALITATIF FENOMOLOGIK DENGAN MODEL METODE ETHNOGRAPHIC MULTIPLE SIDE STUDIES.

1.1 Latar Belakang

Bangsa indonesia adalah bangsa yang besar dengan banyak budaya bangsa yang ada di dalamnya. Dengan banyaknya budaya yang ada di indonesia maupun di dunia, maka setiap individu dapat dengan mudah mengenal budaya dan sistem komunikasi dengan budaya yang berbeda. Selain itu setiap individu juga dapat melakukan pernikahan antar budaya. Karena setiap budaya pun membebaskan setiap individu dengan budaya yang lain. Tidak menutup kemungkinan Pernikahan pun akan terjadi walaupun adanya perbedaan budaya. Dengan terjadinya pernikahan yang berbeda budaya, maka akan banyak konflik / hambatan yang akan terjadi di suatu pernikahan tersebut.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hambatan karena prasangka, stereotip dan kecenderungan untuk menilai perilaku seseorang telah digeneralisasikan oleh etnis yang lainnya. Sepertinya perilaku seseorang itu juga adalah perilaku etnis tersebut. Hambatan ini cukup serius karena perbedaan budaya sangat berpengaruh dalam kehidupan sehari-hari dan dalam hal ini bisa menimbulkan konflik di antara pasangan ini. Selain itu, hambatan karena keterbatasan bahasa yang dimiliki oleh para pelaku komunikasi dapat menimbulkan kesalahpahaman atau permasalahan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian yang dilakukan adalah deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara study perpustakaan dan browsing. Dan setelah itu hasil penelitian dipaparkan secara deskriptif.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: