KOPERASI SEKOLAH

Nama  : Yulinda Santiani

Kelas  : 2 EB 13

NPM   : 21208453

Tugas  : Ekonomi Koperasi

Koperasi Sekolah

Koperasi sekolah merupakan badan usaha yang kegiatannya berdasarkan prinsip koperasi sekaligus sebagai gerakan ekonomi rakyat yang berdasarkan prinsip koperasi sekaligus sebagai gerakan ekonomi rakyat yang berdasarkan atas asas kekeluargaan.

Koperasi sekolah sangat bermanfaat bagi siswa, khususnya dalam hal pengadaan alat-alat sekolah yang dibutuhkan siswa. Dengan demikian akan di sekolah.

  1. 1. Pengertian, Dasar Hukum, dan Asas Koperasi Sekolah

Pembahasan koperasi sekolah ini, berpedoman pada Modul Perkoperasian untuk SMA,SMK,MA, dan Pondok Pesantren. Di samping itu juga sesuai dengan Surat Keputusan Bersama (SKB) Menegkop dan UKM, serta Menteri Pendidikan Nasional Nomor 02/SKB/MENEG/VI/2000, Nomor 4/U/SKB/2000 tanggal 29 Juni 2000 tentang Pendidikan Perkoperasian dan Kewirausahaan.

  1. a. Pengertian Koperasi Sekolah

Koperasi sekolah merupakan koperasi yang ada di lingkungan sekolah dan pondok pesantren, yang anggota-anggotanya terdiri atas siswa-siswa Sekolah Dasar, Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama, Sekolah Menengah Atas, Sekolah Menengah Kejuruan, Pondok Pesantren, dan lembaga pendidikan lain-lain yang setaraf.

Koperasi sekolah termasuk bentuk koperasi khusus, yaitu koperasi yang tidak berbadan hokum, tetapi dapat melakukan kegiatan ekonomi.

  1. 2. Dasar Hukum Koperasi Sekolah
  • Dasar Hukum yang Bersifat Umum

a)          Pancasila

b)          UUD 1945

c)          Undang-Undang No.25 Tahun 1992

  • Dasar Hukum yang Bersifat Khusus

a)          Surat Keptusan Bersama (SKB) antara Menteri Transmigrasi dan Koperasi dengan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No.275/KPTS/MENTRANSKOP/72.

b)          Surat Keputusan Menteri Tenaga Kerja dengan Menteri  Transmigrasi dan Koperasi No.637/KPTS/MPN/1974.

c)          Surat Edaran Direktorat Jenderal Koperasi pada tanngal 31 Mei 1974, No.717/DK/S/V/74 tentang ketentuan-ketentuan bagi koperasi sekolah secara garis besar

d)          Surat Keputusan Bersama (SKB) antara Menteri Pendidikan dan Kebudayaan dengan Menteri Koperasi No.51/M/SKB/III/1984 dan No.158/p/184 tentang Pola Dasar Pendidikan Pengkoperasian.

e)          Surat Keputusan Bersama yang dikeluarkan oleh menteri koperasi , Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, serta Menteri Dalam Negeri tentang Pembinaan dan Pengembangan Koperasi Sekolah, masing-masing bernomor 125/DK/KPTS/X/1984,0047a/U/1984, dan 71 tahun 1984.

f)            Surat Keputusan Bersama tentang Penyediaan serta Pengeluaran Alat-Alat Sekolah bagi para Murid Pendidikan Dasar dan Menengah melalui Koperasi Sekolah.

  1. Asas Koperasi Sekolah

Berdasarkan Undang-Undang Koperasi No.25 Tahun 1992 bab II pasal 2 menyebutkan bahwa asa koperasi Indonesia hádala kekeluargaan. Asas kekeluargaan mengamanatkan semangat senasib sepenanggungan. Artinya, sesama anggota koperasi haruslah berusaha dan melakukan kerjasama secara serasi dan saling menunjang, tidak ada tindas menindas atau saling mematikan. Sikap yang ada adalah tenggang rasa, senang sama dirasakan, penderitaan dipikul bersama, itulah yang harus selalu dipupuk.

2.         Struktur Organisasi Koperasi Sekolah

Para Murid Sekolah
  1. 3. Manfaat Koperasi Sekolah

a)  Siswa memperoleh pengetahuan dan  pengalaman mengelola koperasi. Hal itu merupakan bekal bagi para siswa untuk hidup dimasyarakat dalam berkoperasi dan berusaha.

b)  Siswa akan mengenal dan lebih memahami selak-beluk berwiraswasta dan hubungan bisnis, sehingga diharapkan mampu mencoba membuka usaha di bidang jasa dan perdagangan.

c)  Siswa lebih mudah membeli makanan di dalam lingkungan sekolah yang terjamin kebersihannya.

d)  Siswa lebih mudah membeli buku-buku pelajaran, alat-alat tulis, alat-alat praktik,dan pakaian seragam yang harganya sama dengan toko di luar dengan tidak perlu mengeluarkan ongkos angkutan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: